Selama 7 tahun berseteru Umat Tri Dharma Kwan Sing Bio akhirnya menuju titik temu.

0
1101

Antaranow.com- Setelah bermasalah selama 7 tahun Kekosongan kepengurusan di tubuh Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio dan Tjoe Ling Kiong  Tuban mulai ada titik terang. Setelah dilakukan mediasi bersama Forkopimda Kab.Tuban, di gedung serba guna Polres Tuban, Kamis, (18/7/2019).

Sebagaimana di ketahui bahwa kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban yang terpilih sejak 2013 hingga saat ini belum dilantik karena masih tersisa permasalahan dalam kepengurusan. Dimana hal  tersebut menimbulkan polemik berkepanjangan di internal umat Tempat Ibadah Tri Dharma Kwan sing Bio.

Adalah Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, SH, SIK, MSi. yang memimpin mediasi antar kedua belah pihak yang berseteru setelah 7 tahun dalam balutan masalah yang berkepanjangan.

Kapolres Tuban didampingi Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Nur Wicahyanto, SE., Ketua FKUB Tuban bersama Forkopimda Tuban dan dihadiri kedua belah pihak serta Perwakilan Umat TITD KSB memediasi terkait permasalahan dalam kepengurusan Klenteng KSB dan Tjoe Ling Kiong dengan suasana penuh kekeluargaan

AKBP Nanang Haryono, menyampaikan, bahwa mediasi yang dilaksanakan bersama ini sudah mendapat restu dan ijin dari Bupati Tuban.

Dalam mediasi tsb menghasilkan keputusan bersama umat/pengurus yaitu: 
a. Akan dibuat KTA (umat anggota) yg baru kepada anggota umat yang sebelumnya telah terdaftar sebagai umat anggota TITD KSB & TLK Tuban;
b. Pembentukan panitia pemilihan pengurus dan penilik akan dilaks setelah perayaan HUT Khong Cho.
c. Tiga hari setelah HUT Khong Cho harus ada Pengurus baru sekaligus pelantikan.

“Alhamdulillah mediasi berjalan dengan  langcar dan Semua pihak sudah saling sepakat dan setuju dengan hasil mediasi pada hari ini,” Ungkap Nanang.

Diterangkan bahwa, problem sebenarnya hanya perbedaan pandangan dan pendapat antara pihak satu dengan pihak lainnya, bukan perselisihan antara anggota ataupun pengurus Klenteng.

Dalam Pemilihan pengurus nanti, pihak Polres juga akan bertindak sebagai fasilitator dan mediator selama pemilihan pengurus yang baru. Sehingga tidak ikut campur atau tidak akan intervensi dalam pemilihan ketua dan pengurus Klenteng.

Sementara Ketua Umum TITD KSB & TLK Gunawan Putra Wirawan mengatakan
melalui pertemuan ini akan mendapat titik temu hingga dapat terlaksana / terbentuknya panitia pemilihan pengurus dan penilik yg baru selanjutnya ia akan membuat Kartu Tanda Anggota baru untuk seluruh umat kurang lebih 300 orang.

“Terima kasih pk Kapolres Tuban, yang telah memediasi sehingga kami bisa duduk bersama untuk menyelesaikan masalah setelah hampir tujuh tahun tak ada titik temu, ” terang Gunawan.

Acara ditutup dengan jabat tangan dan foto bersama, dan semoga umat bisa kembali bersatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here