Raih Banyak Prestasi Akbp Nanang Haryono Banjir Pujian.

0
355

antaranow.com – Sejak dibangku sekolah, AKBP Nanang Haryono sudah menunjukkan keunggulan akademisnya.  Setelah lulus SMA dengan NEM & STTB tertinggi, selanjutnya diterima di AKABRI Kepolisian utk mengikuti pendudikan di kawah Candradimuka Magelang & msh menorehkan prestasi dg lulus 10 terbaik Perwira Remaja saat itu. Selanjutnya mengikuti pendidikan di AKPOL Semarang & lulus tahun 2000 dengan Label Sanika Satyawada. Lulus AKPOL ditugaskan menjadi Pamapta A Polres Kerinci Polda Jambi dan selanjutnya ditugaskan Opslihkam NAD sebagai Danton di Polres Pidi NAD. Kembali ditugaskan di Polda Jambi langsung ke fungsi Reserse sebagai penghargaan sepulang dari NAD  menjadi Kanit Buser Polda Jambi.

Selanjutnya menjabat Kasat Reskrim Polres Muara Jambi Polda Jambi selama 3 kali puasa dan 3 kali lebaran. Karir moncer Nanang tak lepas dari torehan prestasinya saat menjadi Kanit Narkoba karena merupakan keberhasilan Direktorat Narkoba baru +- 6 bln dan merupakan ungkap kasus terbesar saat itu s/d sekarang dan diberikan penghargaan menjadi Kapolsek Kota baru Poltabes Jambi yg seharusnya jabatan tsb diisi Pangkat AKP yg sdh lulus PTIK. Berangkat PTIK dan ditempatkan di PTIK, dan disitu untuk mengisi wawasan akademisnya, kemudian melanjutkan menempa ilmu & mencari Ilmu baik S1 Hukum di UI & S2 KIK di UI.

Tahun 2015 berkesempatan Dik Sespim & Selanjutnya di tempatkan di Polda Jateng sebagai Kasubdit Jatanras kurang lbh 2 th 5 hari. Tepat 18 April 2018 Pria jebolan Akpol 2000 Sanika Satyawada itu mendapat Amanah sebagai Kapolres Tuban. Seminggu menjabat sdh dihadapkan dengan runtuhnya jembatan Cincim Babat yg menjadi poros lalu lintas perekonomian yang mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total. Dibutuhkan tindakan yang cepat tepat dan efektif agar lalulintas bisa berjalan normal dan dalam dam waktu 1 bln 9 hari dari hasil koordinasi dengan instansi terkait akhirnya Jembatan Cincim beroperasional kembali. Maraknya peredaran miras oplosan diberbagai daerah dimana produsen terbesarnya ada diwilayah tuban membuat AKBP Nanang harus bertindak tegas, dan terbukti Produsen Miras di Tuban yang selama ini kucing2an dibuat tidak berdaya. Dengan menangkap dan memenjarakan para Produsen arak dengan menjerat dengan UU pangan. Pun juga maraknya peredaran Narkoba di Tuban, berkat ketegasan Nanang para pengedar Narkoba khususnya Pil LL, Karnopen dan sejenisnya dibuat tak berdaya dengan dijebloskannya para pengedar ke hotel prodeo.

Kasus menonjol lainnya yang menjadi atensi yaitu curat, curas dan curanmor, dan Dalam kurun waktu 6 bulan terbukti dengan di lumpuhkannya para pelaku begal yang harus tersungkur dengan timah panas degan tindakan tegas dan terukur oleh tim Marong Sat Reskrim, sebanyak 9 orang pelaku begal dikirim ke neraka oleh Pria pemberani pengagum Adipati Ronngolawe ini. Puncaknya akbp Nanang bertekat bahwa tahun 2019 Tuban Zero Miras, Zero Narkoba, Zero Kriminalitas dan Zero Korupsi. Berbagai inovasi juga diluncurkan demi meningkatkan pelayanan pada masyarakat antara lain : Ngopi (Ngobrol Pintar), Bhakti Ulama, SiBi (Sistem Siaga Bumi Wali) Restuban Peduli, Pusat Control CCTV, Cyber Force, SIMBA (Sim Bhabinkamtibmas) dan Marong (Macan Ronggolawe).

Untuk meningkatkan pelayanan Masyarakat Nanang membangun beberapa fasilitas umum seperti Gedung Pusat Pelayanan Masyarakat Sanika Satyawada, gedung Serbaguna Sanika Satyawada, Pujasera Sanika Satyawada dan ATM Center dimana dalam kurun waktu tidak terlalu lama telah berdiri megah menghiasi area Mapolres Tuban bak legenda Raja Bandung Bondowoso meyulap bangunan candi Sewu dalam semalam. Prestasi AKBP Nanang tak lepas dari torehan prestasinya saat menjabat Kapolres Tuban dan juga mengantarkan kesatuannya memperoleh prestasi puncak diantaranya : meraih penghargaan dari Komisi perlindungan Anak sebagai Kapolres Peduli Anak, Kapolres Termedsos dari MitraPol, penghargaan Yanlik dari Kemenpan RB bidan Yanlik kategori sangat baik tahun 2018, dan Pelayanan Prima tahun 2019,
penghargaan ZI WBK tahun 2019, Juara 1 dan juara Umum Pos Yan Satwil Tipe B, meraih peringkat 2 kepuasan masyarakat pada tingkat Polres Metro politan / mega Politan. Meraih peringkat 5 kepercayaan masyarakat pada tingkat Polres Metro politan / mega Politan se Indonesia. Serta penghargaan dari Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia di Jakarta sebagai Kapolres Sahabat Media.

Saat menjadi Kapolres Tuban kebijakan mendasar Program 5K ( Kritis, Kreatif, Komunikatif, Kolaboratif, Keterbukaan ) dengan Tagline “Kuat mengabdi & Santun melayani” dicanangkan dan ini sangat berpengaruh di internal anggota Polres Tuban dalam hal perubahan kultur dan mendorong Kepolisian modern dengan melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat dengan melakukan reformasi internal menuju polisi yang bersih dan bebas dari KKN demi terwujudnya penegakan hukum yang objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan. Berkat kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan bersinergi dengan Forkopimda AkBP Nanang mewujudkan inpiannya utk membangun gedung Pelayanan sanika satyawada yang meliputi : Pelayanan Simba (SIM Bhabinkamtibmas), Pelayanan Admistrasi Lantas diantaranya pelayanan BPKB,  Pelayanan Bebas Narkoba, Pelayanan Sarpras yang berdiri megah mengiringi prestasi puncak sang legenda  meninggalkan Tuban Bumi Wali dengan kepala tegak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here